Jumat, 10 Agustus 2012

SEKILAS SUZUKI FORSA

Mobil Keluaran tahun 1980-an dengan Nama Asli Suzuki Cultus atau mobil super mini, hingga saat ini masih menjadi salah satu kendaran favorit dijalanan dengan peminat yang terbilang lumayan banyak, mobil ini tidak kalah tehnologinya dengan mobil-mobil keluaran sekarang karena keiritanya serta falilitas yang telah diberikan.berbekal mesin 1000 cc atau 997 cc, yang pertama kali diperkenalkan secara resmi di Tokyo Motor Show, dan akhirnya diproduksi di tujuh negara di tiga generasi dan dipasarkan di seluruh dunia di bawah lebih dari selusin nameplates - menonjol sebagai Suzuki Forsa,Suzuki Swift, Geo Metro , dan Holden Barina.
Awalnya dijual oleh Suzuki sebagai Forsa Suzuki, telah dipasarkan di Ekuador, Chili, Kanada dan Amerika Serikat (minimal) 1985-1988 - dengan Suzuki penawaran supermini dengan baik silinder 1,0 L carbureted inline-3 atau injeksi bahan bakar 1,0 L inline 3 mesin turbocharged silinder. Mobil itu memiliki jangkauan jauh lebih besar di Amerika Utara sebagai Sprint Chevrolet dan Pontiac Firefly.
Suzuki awalnya tidak memasarkan Forsa di daratan AS, melainkan hanya di Hawaii, Guam dan Mariana Utara. Jumlah yang belum ditentukan model Forsa diimpor ke daratan Amerika Serikat untuk menguji kelayakan komersial dari supermini di Amerika Serikat. Sebagai catatan pemasaran AS dari Forsa, daftar di Situs Mileage bahan bakar EPA membawa model tahun 1985 sebagai SA310 Suzuki (nama JDM asli untuk Cultus, Forsa dan Swift), tidak ada daftar untuk 1986 - dan baik Forsa dan Forsa Turbo untuk 1987 dan 1988. Untuk Amerika Utara, Suzuki mengubah nama dari Forsa untuk Swift dengan pengenalan 1989 dari generasi kedua.
Ada yang menarik dari mobil ini, karena meskipun jadul tapi fiturnya sudah lengkap : power steering, power window dan electric mirror. Bandingkan dengan teman seangkatannya : Toyota Starlet (bakpao) dan Charade GS atau Civic Wonder Hatchback? Belum memasang fitur-fitur ini.
Tapi fitur ini hanya ada di varian GLX, varian GL belum menerap fitur-fitur tersebut. Varian GLX muncul 3 tahun setelah Forsa pertama dijual di Indonesia, dengan tipe GL. Wah boleh juga nih Forsa GLX jadi target untuk mobkas kisaran 25 – 30 jutaan, model jadul tapi fitur modern. Tapi pertimbangkan juga hal lain.
Kapasitas mesin
Dengan mesin 1000 cc (tepatnya 997 cc) tapi sudah full optional takutnya akan mengurangi performa. Walaupun menggunakan mesin bertipe F10A, yang juga dipakai oleh Suzuki Karimun, Suzuki Carry dan juga Katana. Suzuki Carry sudah sangat terkenal sebagai angkot dan juga kendaraan niaga kecil (box dan pick-up). Bukti sebenarnya bahwa dapur pacunya bandel.
Umur komponen
Karena sudah berumur jelas banyak hal yang perlu diperhatikan. Yang jelas seperti mobkas pada umumnya adalah sektor kaki-kaki, kemudi, karat pada body dan motor-motor penggerak fitur-fiturnya. Waspadai juga pompa bensin (hal yang sama dengan Carry dan Katana)

Download buku Manual Suzuki Forsa Disini
Sumber : dari berbagai sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar